akhir pekan ke pemandian air hangat di guci

Musim hujan membuat enggan untuk berlibur. Jalanan yang becek dan udara dingin semakin memperbesar niat mengurungkan liburan. Jangan kuatir, Pemandian Air Panas Guci di Tegal bisa jadi tujuan liburan akhir pekan Anda di musim penghujan ini.

Pemandian Air Panas Guci terletak di Kecamatan Bumi Jawa, lereng Gunung Slamet bagian utara, Brebes, Pekalongan. Menurut geografis, pemandian ini masuk ke dalam wilayah Tegal, Jawa Tengah. Anda bisa menikmati pemandangan kebun sayur dan bawang merah yang elok di sepanjang perjalanan menuju lokasi. 

Air hangat pemandian ini berasal dari air terjun hangat yang mengalir deras dari atas bukit. Pemandian Air Panas Guci memiliki beberapa keistimewaan, antara lain airnya panas dan jernih, tidak berbau, dan tidak berwarna. Pemandian Guci memiliki 25 pancuran air panas dengan suhu yang berbeda-beda. 

Selain pancuran yang berbeda, ada bermacam kolam yang bisa Anda pilih di sini. Ada kolam alami yang menyerupai sungai dengan banyak pancuran, kolam renang dengan air yang jernih kebiruan dan juga sungai alami yang dangkal dengan banyak bebatuan. Selain air panas, ada juga pancuran air dingin. Berjarak 1 kilometer di atas pemandian air hangat, ada air terjun dengan air dingin yang bernama Air Terjun Jedor.

Yang lebih seru, setiap malam Jumat Kliwon ada ritual mandi bersama yang diikuti oleh pengunjung dari berbagai daerah. Menurut kisah, Pemandian ini dijaga oleh seekor naga yang menempati sebuah gua di lereng Gunung Slamet. Naga tersebut mampu memberi khasiat pada Pemandian Air Panas Guci. Ritual ini diadakan pada malam Jumat Kliwon karena malam itu dianggap suci. 

Selain air panas, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas. Wisata hutan, lapangan tenis, lapangan sepakbola, hotel, vila dan bumi perkemahan. Tidak hanya di dalam area pemandian, penginapan dan hotel bisa Anda temui sampai sekitar 5 kilometer dari area pemandian.

Related

wisata tegal 3235890127821953713

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

item